Info Bunda dan Anak: 9 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Saat Hamil Muda untuk Mencegah Keguguran

Monday, September 21, 2015

9 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Saat Hamil Muda untuk Mencegah Keguguran

Ketika usia kehamilan muda (tiga bulan pertama masa kehamilan), resiko terjadinya keguguran masih cukup tinggi. Untuk itulah ibu hamil perlu melakukan perawatan ekstra untuk menjaga janin sehat dan tidak terjadi keguguran.
Apa saja yang harus dilakukan di saat hamil muda untuk mencegah keguguran?
  1. Pada kondisi hamil muda, wanita sangat rentan terkena stres dan menolak untuk makan. Padahal, perut yang kosong dapat memperparah keluhan mual dan dapat menurunkan kesehatan ibu hamil yang pada akhirnya membahayakan kandungan.
  2. Berhentilah merokok atau mengonsumsi minuman keras. Risiko rokok dan alkohol pada bayi sangat buruk sehingga penting untuk menjauhkan bayi dari kedua hal tersebut.
  3. Jaga keseimbangan psikologis agar mampu menaklukkan kesulitan di awal kehamilan yang biasanya tidak mudah dihadapi, terutama bagi wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan.
  4. Hendaknya mengonsumsi pisang untuk mengisi perut dan mulai mencari makanan dengan aroma segar seperti biskuit jahe, teh, salad, jus jeruk, atau mint.
  5. Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengantuk. Jangan tunda untuk tidur saat serangan kantuk itu datang demi menjaga stamina dan menyimpan energi.
  6. Jangan melakukan olah raga berat, misalnya, lari atau aerobik high impact.
  7.  Jangan sembarang mengonsumsi obat, suplemen, atau zat-zat kimia lainnya.
  8. Hindari makanan yang banyak vitamin A dan perbanyak konsumsi makanan dengan zat besi.
  9. Hindari menggunakan pakaian ketat yang tidak lentur. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin. Sama halnya dengan bra, kenakanlah yang nyaman.

sumber: http://www.inicaraku.com/9-hal-yang-harus-dilakukan-ibu-saat-hamil-muda-untuk-mencegah-keguguran.html#ixzz3mM5ZFG1l

No comments:

Post a Comment